Beranda » Uncategorized » METODE RISET “PROPOSAL”

METODE RISET “PROPOSAL”

Nama : Rahma Nuzuli Kartika

NPM   : 15210555

Kelas  : 3EA13

PROPOSAL

TEMA : “KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA”

BAB I

1.1      LATAR BELAKANG

Sejalan dengan perkembangan ekonomi, teknologi dan sosial budaya sebagai akibat dari arus perubahan global yang mendorong perubahan besar pada seluruh aspek perilaku konsumen dan pemenuhan kebutuhannya yang terus berkembang, dewasa ini telah bermunculan berbagai macam klinik maupun salon yang menawarkan perawatan kecantikan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Kebutuhan manusia tidak terbatas baik dalam kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Dalam hal menjaga penampilan dapat dilakukan dengan praktis dan cepat, baik pria maupun wanita yaitu dengan langsung mendatangi salon kecantikan yang siap memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salon yang baik harus memperhatikan layanan yang dibutuhkan, penetapan harga yang sesuai dengan target pasarnya, serta fasilitas tambahan lainnya yang dapat menimbulkan persepsi yang baik bagi konsumen sehingga salon tersebut mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan salon lainnya. Layanan merupakan tindakan atau kinerja yang tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki tetapi hanya dapat dirasakan setelah menerima layanan yang diberikan oleh salon-salon tersebut, dimana layanan tersebut dapat terkait dan juga tidak terkait dengan produk fisik. Layanan tersebut merupakan semua ciri – ciri ataupun karakteristik dari jasa maupun layanan-layanan yang diberikan oleh salon tersebut yang kemudian dievaluasi oleh para pelanggan. Adapun macam-macam dari layanan salon adalah tukang potong professional dimana modenya selalu mengikuti trend, keramahan karyawan, kelengkapan pelayanan (Spa, mandi lulur, medicure, pedicure), ketanggapan karyawan, perawatan rambut (crembath), kesediaan karyawan untuk mendengarkan keluhan dan komplain, kesediaan karyawan memberi informasi kepada pelanggan, kemudahan mendapatkan layanan dan kecepatan layanan. Dari fenomena tersebut sebagai konsekuensinya, pihak markerter atau pengelola salon harus memahami perilaku konsumen secara keseluruhan agar dapat mempertahankan kelangsungan usahanya dan dapat merumuskan strategi pemasarannya dengan cepat dan tepat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan yaitu bahwa ada perbedaan persepsi, sikap dan perilaku pelanggan terhadap atribut layanan salon di wilayah Indonesia.

1.2        RUMUSAN MASALAH

  • Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen ?
  • Apakah pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen ?

1.3        TUJUAN PENELITIAN

  • Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen
  • Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diberikan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen

1.4        KEGUNAAN PENELITIAN

Terdapat kegunaan Teoritis dan Praktis dari penelitian ini, yaitu :

  1. Kegunaan Teoritis : Memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai kepuasan  konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Kegunaan Praktis : Secara umun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, variasi dan kualitas pelayanan serta pengaruh harga terhadap perilaku konsumen, khususnya konsumen salon muslimah Depok sehingga  perusahaan dapat mengevaluasi segala aspek yang terdapat didalamnya menjadi lebih baik. Penelitian ini juga dapat dijadikan panduan untuk penelitian-penelitian berikutnya mengenai analisis kepuasan konsumen.

1.5        KERANGKA PEMIKIRAN

Lokasi (X1)

Pelayanan (X2)

Strategi promosi (X3)

Harga (X4)

Kepuasan konsumen (Y)

1.6         HIPOTESIS

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

H1         : “Lokasi mempengaruhi perilaku konsumen”

H2         : “Pelayanan mempengaruhi perilaku  konsumen”

H3         : “Strategi promosi mempengaruhi perilaku konsumen”

H4         : “Harga mempengaruhi perilaku konsumen”

1.7        METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap konsumen Salon Muslimah Depok.

BAB II

LANDASAN TEORI

 

2.1       TEORI

Kotler menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya, sedangkan Wilkie mendefinisikan kepuasan pelanggan sebagai suatu tanggapan emosial pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. (Tjiptono,1997).
menurut (Kotler,1996) Konsumen yang terpuaskan akan menjadi pelanggan, mereka akan:

  1. melakukan pembelian ulang,
  2. mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain,
  3. kurang memperhatikan merek ataupun iklan produk pesaing,
  4. membeli produk yang lain dari perusahaan yang sama.

Menurut Eangel (1990), kepuasan pelanggan merupakan :

“Evaluasi purna beli di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan pelanggan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan.” Kinerja yang diharapkan adalah yang paling sering digunakan dalam penelitian karena logis dalam proses evaluasi alternatif yang dibahas. Ketidakpuasan konsumen terhadap suatu jasa pelayanan karena tidak sesuai dengan yang diharapkan dapat berdampak negatif terhadap keberhasilan jasa pelayanan tersebut. Kepuasan pelanggan menurut Rangkuti (2004) adalah mengukur sejauh mana harapan pelanggan terhadap produk atau jasa yang diberikan dan telah sesuai dengan aktual produk atau jasa yang ia rasakan. Soelasih (2004; h 86) mengemukakan bahwa :

  1. nilai harapan = nilai persepsi konsumen puas
  2. nilai harapan < nilai persepsi maka konsumen sangat puas 3. nilai harapan > nilai persepsi maka konsumen tidak puas

Nilai harapan dibentuk melalui pengalaman masa lalu, komentar atau saran dari pengguna dan informasi dari pesaing. Adapun nilai persepsi adalah kemampuan perusahaan di dalam melayani memuaskan konsumen. Ada tiga harapan mengenai suatu produk atau jasa yang diidentifikasi oleh beberapa peneliti yaitu :

  1. Kinerja yang wajar
  2. Kinerja yang ideal
  3. Kinerja yang diharapkan

2.2       PENELITIAN TERDAHULU

Menurut Donie, kualitas sutau pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat pelayanan yang diharapkan (expected service), sehingga kepuasan pelanggan dapat menentukan kepuasan konsumen.

2.3       PENGEMBANGAN HIPOTESIS

Faktor yang mempengaruhi salon muslimah diminati para wanita yang memakai jilbab karena rahasia aurat mereka terjaga, tidak terlihat oleh salon-salon yang biasanya mempekerjakan kaum lelaki. Juga tempatnya yang nyaman dan assistennya yang ramah sehingga membuat para konsumen merasa puas akan adanya salon muslimah walaupun jumlahnya masih sedikit akan tetapi salon muslimah dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

3.1       DATA DAN SUMBER DATA

Data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Sekunder, yaitu data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara (dihasilkan pihak lain) atau digunakan oleh lembaga lainnya tetapi dapat dimanfaatkan dalam suatu penelitian tertentu dengan sumber data yaitu konsumen Salon Muslimah Depok.

3.2       METODE ANALISIS DATA

  1. Analisis Deskriptif  : Dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi variabel penelitian yang menggambarkan jawaban atau penilaian dari responden atas kuesioner yang diberikan.
  2. Analisis Kuantitatif  : Dalam penelitian ini adalah analisis yang menggunakan angka-angka. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari varibel independen (X) terhadap variabel dependen (Y).

Y = a + b1 + x1 + b2 + x2 + b3 + x3 + b4 + x4 + e

Keterangan :

Y         = kepuasan konsumen

a          = konstanta

b          = koefisien regresi berganda

x1        = variabel lokasi

x2        = variabel pelayanan

x3        = variabel promosi

x4        = variabel harga

e          = standar eror

3.3       VARIABEL PENELITIAN

  1. Lokasi : Hal ini termasuk dalam bukti fisik (tangible) yang berupa penampilan fasilitas fisik, peralatan, dan berbagai materi komunikasi (Alma, 1992: p. 231), misalnya gedung dan kebersihan yang baik serta penataan ruangan yang rapi. Dimana hal tersebut merupakan faktor paling penting dalam kepuasan konsumen.
  2. Pelayanan : Faktor daya tanggap (responsive) dimana karyawan dan pengusaha dapat membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat dan bermakna serta kesediaan mendengar dan mengatasi keluhan yang diajukan konsumen, misalnya dalam hal penyediaan sarana yang sesuai untuk menjamin terjadinya proses yang tepat. Karyawan juga dituntut untuk memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan, terpercaya, akurat, dan konsisten. Pelayanan yang baik dapat membuat konsumen dan karyawan memiliki hubungan yang harmonis karena didalamnya terdapat rasa kepedulian terhadap konsumen.
  3. Strategi Promosi : Untuk memudahkan pelanggan dalam mencari salon perawatan melalui media cetak dan menarik pelanggan dengan memberikan kemudahan-kemudahan menjadi member, hadiah dan bonus.
  4. Harga : Konsumen akan merasa sangat puas apabila mereka menjadi pelanggan sebuah salon dengan pelayanan yang baik, tempat yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Karena tidak semua salon dapat memberikan pelayanan yang terbaik ditambah dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

3.4       SAMPEL DAN POPULASI

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi dengan sampel 50 orang pelanggan Salon Muslimah Depok.

3.5        MODEL PENELITIAN

Lokasi (X1)

Pelayanan (X2)

Strategi promosi (X3)

Harga (X4)

Kepuasan konsumen (Y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s