Beranda » Uncategorized » METODE RISET

METODE RISET

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

3.1       DATA DAN  SUMBER DATA

Data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Sekunder, yaitu data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara (dihasilkan pihak lain) atau digunakan oleh lembaga lainnya tetapi dapat dimanfaatkan dalam suatu penelitian tertentu dengan sumber data yaitu konsumen Salon Muslimah Depok.

3.2       METODE ANALISIS DATA

  1. Analisis Deskriptif  : Dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi variabel penelitian yang menggambarkan jawaban atau penilaian dari responden atas kuesioner yang diberikan.
  2. Analisis Kuantitatif  : Dalam penelitian ini adalah analisis yang menggunakan angka-angka. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari varibel independen (X) terhadap variabel dependen (Y).

Y = a + b1 + x1 + b2 + x2 + b3 + x3 + b4 + x4 + e

Keterangan :

Y         = kepuasan konsumen

a          = konstanta

b          = koefisien regresi berganda

x1        = variabel lokasi

x2        = variabel pelayanan

x3        = variabel promosi

x4        = variabel harga

e          = standar eror

3.3       VARIABEL PENELITIAN

  1. Lokasi : Hal ini termasuk dalam bukti fisik (tangible) yang berupa penampilan fasilitas fisik, peralatan, dan berbagai materi komunikasi (Alma, 1992: p. 231), misalnya gedung dan kebersihan yang baik serta penataan ruangan yang rapi. Dimana hal tersebut merupakan faktor paling penting dalam kepuasan konsumen.
  2. Pelayanan : Faktor daya tanggap (responsive) dimana karyawan dan pengusaha dapat membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat dan bermakna serta kesediaan mendengar dan mengatasi keluhan yang diajukan konsumen, misalnya dalam hal penyediaan sarana yang sesuai untuk menjamin terjadinya proses yang tepat. Karyawan juga dituntut untuk memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan, terpercaya, akurat, dan konsisten. Pelayanan yang baik dapat membuat konsumen dan karyawan memiliki hubungan yang harmonis karena didalamnya terdapat rasa kepedulian terhadap konsumen.
  3. Strategi Promosi : Untuk memudahkan pelanggan dalam mencari salon perawatan melalui media cetak dan menarik pelanggan dengan memberikan kemudahan-kemudahan menjadi member, hadiah dan bonus.
  4. Harga : Konsumen akan merasa sangat puas apabila mereka menjadi pelanggan sebuah salon dengan pelayanan yang baik, tempat yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Karena tidak semua salon dapat memberikan pelayanan yang terbaik ditambah dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

3.4       SAMPEL DAN POPULASI

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi dengan sampel 50 orang pelanggan Salon Muslimah Depok.

3.5        MODEL PENELITIAN

Lokasi (X1)

Pelayanan (X2)

Strategi promosi (X3)

Harga (X4)

Kepuasan konsumen (Y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s