Beranda » Uncategorized » TEMA

TEMA

Tema : ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN

 

perilaku konsumen : Akibat adanya suatu keterbatasan pendapatan dan keinginan untuk mengkonsumsi barang dan jasa sehingga sehingga diperoleh kepuasan maksimal, maka munculah perilaku konsumen. Perilaku konsumen pada dasarnya menjelaskan bagaimana konsumen mendayagunakan sumber daya yang ada (uang) dalam memuaskan keinginan atau kebutuhan dari suatu atau beberapa produk. Dalam teori perilaku konsumen terdapat pendekatan utama untuk melakukan analisis mengenai perilaku konsumen dalam menikmati barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhannya. Menurut Kotler, posisi manusia untuk memuaskan konsumen ada 5 posisi yaitu:

  • pemrakarsa (initiator) : inisiator pertama menunjukkan ide untuk membeli produk atau jasa.
  • pemberi pengaruh (influencer) : Seorang influencer adalah orang yang melihat atau saran mempengaruhi keputusan.
  • pengambil keputusan (decider): sebuah penentuan yang memutuskan apakah akan membeli, apa yang harus membeli, bagaimana untuk membeli, atau di mana untuk membeli.
  • pembeli (buyer) : Pembeli membuat pembelian yang sebenarnya, sementara pengguna mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa.
  • pemakai (user)

Sebagai seorang konsumer, terkadang mereka mengkonsumsi suatu produk dengan sembrono. Perilaku konsumen yang sembrono terkadang dengan melakukan tindakan negatif mempengaruhi mutu kehidupan dalam jangka panjang individu dan organisasi. Contoh bentuk perilaku konsumen yang sembrono antara lain mengkonsumsi produk bahaya yang membahayakan diri mereka sendiri seperti mengkonsumsi narkoba, rokok, obat bakar lemak, selain itu bentuk perilaku konsumen yang sembrono yaitu konsumen menggunakan produk secara illegal atau tidak aman seperti obat yang dijual secara bebas dipasaran, (Noveb Khoirul Anam). Saya mengambil tema ini karena saya ingin mempelajari bagaimana perilaku konsumen pada pelayan jasa salon yang tersebar di wilayah Indonesia, dimana pada saat ini salon bukanlah hal yang asing lagi bagi semua manusia untuk memanjakan tubuhnya di salon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s