Beranda » Uncategorized » LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG

Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan ekonomi, teknologi dan sosial budaya sebagai akibat dari arus perubahan global yang mendorong perubahan besar pada seluruh aspek perilaku konsumen dan pemenuhan kebutuhannya yang terus berkembang, dewasa ini telah bermunculan berbagai macam klinik maupun salon yang menawarkan perawatan kecantikan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Kebutuhan manusia tidak terbatas baik dalam kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Dalam hal menjaga penampilan dapat dilakukan dengan praktis dan cepat, baik pria maupun wanita yaitu dengan langsung mendatangi salon kecantikan yang siap memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salon yang baik harus memperhatikan layanan yang dibutuhkan, penetapan harga yang sesuai dengan target pasarnya, serta fasilitas tambahan lainnya yang dapat menimbulkan persepsi yang baik bagi konsumen sehingga salon tersebut mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan salon lainnya. Layanan merupakan tindakan atau kinerja yang tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki tetapi hanya dapat dirasakan setelah menerima layanan yang diberikan oleh salon-salon tersebut, dimana layanan tersebut dapat terkait dan juga tidak terkait dengan produk fisik. Layanan tersebut merupakan semua ciri – ciri ataupun karakteristik dari jasa maupun layanan-layanan yang diberikan oleh salon tersebut yang kemudian dievaluasi oleh para pelanggan. Adapun macam-macam dari layanan salon adalah tukang potong professional dimana modenya selalu mengikuti trend, keramahan karyawan, kelengkapan pelayanan (Spa, mandi lulur, medicure, pedicure), ketanggapan karyawan, perawatan rambut (crembath), kesediaan karyawan untuk mendengarkan keluhan dan komplain, kesediaan karyawan memberi informasi kepada pelanggan, kemudahan mendapatkan layanan dan kecepatan layanan. Dari fenomena tersebut sebagai konsekuensinya, pihak markerter atau pengelola salon harus memahami perilaku konsumen secara keseluruhan agar dapat mempertahankan kelangsungan usahanya dan dapat merumuskan strategi pemasarannya dengan cepat dan tepat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan yaitu bahwa ada perbedaan persepsi, sikap dan perilaku pelanggan terhadap atribut layanan salon di wilayah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s