Beranda » Uncategorized » DKI Terapkan Fatwa Haram Memberi dan Meminta Sumbangan di Jalan

DKI Terapkan Fatwa Haram Memberi dan Meminta Sumbangan di Jalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan fatwa haram terkait aktifitas meminta sumbangan dalam bentuk apapun yang dilakukan di pinggir jalan.

Fatwa tersebut menurut Sekretaris Umum MUI DKI, Samsul Ma’arif telah diberlakukan sejak sebulan yang lalu. Menurutnya, fatwa haram tersebut juga berlaku bagi para gelandangan dan pengemis yang dengan berbagai cara meminta sumbangan bagi kepentingan dirinya sendiri ataupun pengemis yang terorganisir.

MUI menganggap, persoalan meminta-minta sumbangan tersebut saat ini sudah disalah fungsikan hingga menjadi profesi baru yang menggiurkan. Mereka meminta bukan lagi karena kebutuhan tetapi sudah menjadi profesi mereka.

“Fatwa ini dikeluarkan melihat kondisi saat ini para peminta-minta sumbangan dengan berbagai cara, mulai yang bawa anak hingga memakai peci dan bawa map proposal keagamaan sudah sangat mengganggu masyarakat,” ujar Samsul saat dikonfirmasi, Rabu (8/12/2010).

Samsul menjelaskan, untuk mensosialisasikan fatwa haram tersebut, pihaknya berharap media massa juga turut aktif memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa sama saja hukumnya antara memberi uang untuk para peminta-minta dengan pihak yang melakukan kegiatan meminta-minta.

“Dua-duanya sama haram hukumnya. Yang memberi dan yang menerima sama haramnya,” ujarnya.

sumber : http://www.tribunnews.com/2010/12/08…angan-di-jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s