Beranda » Uncategorized » 174 Kasus Korupsi Menumpuk di Jateng Selama 2010

174 Kasus Korupsi Menumpuk di Jateng Selama 2010

Semarang – Dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah, tak ada satu pun yang steril dari korupsi. Pada tahun 2010, jumlahnya kasus korupsi menumpuk hingga mencapai 174 kasus.

Berdasarkan monitoring Komite Penyelidikan dan Pemberantasan KKN (KP2KKN) Jateng, dari 174 kasus sejak tahun 2000 itu, ranking pertama diraih Kota Semarang dengan 11 kasus. Temanggung menyusul dengan 9 kasus dan Kendal 8 kasus. Jumlah kasus di daerah-daerah lain bervariasi, antara 2-7 kasus. Hanya Pekalongan yang punya 1 kasus.

“Total dana yang dikorupsi sekitar Rp 193 milyar,” kata Sekretaris KP2KKN, Eko Haryanto saat menyampaikan laporan akhir tahun di kantornya, Jl Lempongsari Timur, Semarang, Rabu (8/12/2010).

Eko menyebutkan, meski Semarang juara dalam hal jumlah kasus, soal besaran dana yang dikorupsi diraih Cilacap. Di daerah yang terletak di barat daya Semarang ini, dana yang digerogoti koruptor sebanyak Rp 31 miliar, disusul oleh Karanganyar Rp 22 miliar, dan Salatiga Rp 20 miliar.

“Yang dikorupsi, terbanyak di sektor anggaran daerah. Kemudian, infrastruktur dan bantuan sosial,” terangnya.

Eko menambahkan, tumpukan kasus korupsi tahun 2010 jauh lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2009, misalnya, hanya 39 kasus. Kemudian tahun 2008 juga lebih rendah, yakni 29 kasus.

“Ini angka yang cukup tinggi. Kelihatannya korupsi ditangani, tapi tidak berkurang,” katanya.

Eko mencontohkan, dari 174 kasus korupsi yang menumpuk selama tahun 2010, 88 diantaranya masih dalam tahap penyidikan, 39 divonis, 38 disidangkan, 4 kasasi, 4 di-SP3, dan satu banding. “Kami berharap aparat serius menanganinya. Kalau tidak, korupsi akan terus terjadi,” sambungnya.

Sejauh ini, korupsi di Jateng paling banyak ditangani kejaksaan, yakni 152 kasus. Kepolisian menangani 21 kasus, sedangkan satu kasus diambil alih KPK. Aktor yang melakukan korupsi didominasi kalangan eksekutif. Legislatif dan swasta menyusul kemudian.

(try/fay)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s